25 November 2008

PENGALAMAN KE JATINANGOR KM 20


Blog ini gw buat sebagai sharing pengalaman buat temen-temen yang mungkin akan ke daerah Jatinangor semoga dapat bermanfaat.


Akhirnya keluar kota juga gw tanggal 15 Nopember 2008 nganterin my sister untuk ujian CPNS Depdagri.. wich seru asik and mengesankan juga. Sekitar tanggal 13 Nopember yang lalu, My Sister ngubungin kalo dia bakal ujian di luar kota kebetulan di daerah Jatinangor Sumedang di Kampus STPDN (Sekarang IPDN), itu loch kampus yang punya segudang prestasi dan juga segudang problema di dalamnya hingga sempat ramai di media massa tentang kasus pemukulan Senior kepada para Juniornya yang baru masuk.


Gw berangkat dari Jakarta melalui terminal Kampung Rambutan memang sich sebelumnya gw coba cari bus di Terminal Lebak bulus ternyata bus yang jurusan ke Sumedang gak ada, akhirnya gw putuskan untuk nyari bus di Terminal Kampung Rambutan. Akhirnya dapat juga dech mobil yang kearah sana mulai dari Bus yang AC sampai dengan NON AC. Kebetulan waktu itu gw pilih yang NON AC maklum selain daripada menghemat ongkos juga bisa bebas ngerokok he......he........he.......


Sayang waktu itu pengetahuan gw agak minim mengenai bus yang gw tumpangin, karena ternyata tuch bus gak langsung masuk TOL CIPULARANG, malah muter - muter ke Puncak, Cianjur, Bandung, Padalarang wich bikin pusing kepala aja...., mana tuch bus banyak berentinya lagi, and yang dagang di dalam ya ampun hampir sekampung orang Jawa Barat menjajakan dagangannya mulai dari Dompet, Tasbih Sakti, Kacang, Tempat HP anti air tapi yang pasti sich gak anti api, sampai tukang ngamen juga masuk bus kota itu di setiap kabupaten pasti ada aja yang ngamen maupun yang dagang, (Pusing Man....ngeliatnya). Tapi sesuai sich dengan kondisi Bus yang gw dapat wong harganya cuma Rp.57.000 (itu untuk dua orang) . gile gw pikir sampai Rp. 150.000 (untuk 2 orang) bener-bener murah and puas bisa jalan-jalan kesana sampai pantat gw panas and pegel duduk terus (Perjalanan ini memakan waktu sekitar 5 ½ Jam lama banget khan).

Sesampainya disana gw coba cari Kampus IPDN ternyata mudah, langsung hari itu juga gw coba cari info secepatnya sambil nunggu di Masjid IPDN. Kampus IPDN cukup luas dan megah, mengesankan simbol kebesaran dari kampus tersebut terlepas dari pemberitaan buruk tentang Kampus Pamong Praja tersebut. Namun dari perjalanan saya selama ke kampus IPDN dengan mencoba berinteraksi dengan para Mahasiswanya ternyata mereka ramah - ramah serta agamis, dan jauh dari nuansa kekerasan mulai dari Mahasiswa maupun Mahasiswinya hanya satu yang bisa saya tangkap DISIPLIN. (Salut buat IPDN).

Setelah mendapat info yang cukup mengenai Jadwal CPNS Depdagri, tinggal satu info yang belum dapat tempat penginapan. Pada hari itu juga gw coba telusuri tempat penginapan di daerah Jatinangor, ya ampun ternyata penuh semua man…. Gak ada yang kosong mulai Hotel Puri Khatulistiwa, Wisma Caringin, Giri Gahana Resort and lain-lain ternyata umumnya orang yang menginap disana, juga mau mengikuti ujian CPNS Depdagri. Karena masih penasaran gw coba cari Hotel yang jauh dari Jatinangor, ke daerah Cicaheum namanya Hotel Millenium hasilnya sudah dapat dipastikan penuh juga karena umumnya mereka juga mempunyai hajat yang sama . Apes dech gw (Jelas aja yang ikut ujian sebanyak 2000 orang dari dalam & luar kota pasti membutuhkan tempat penginapan ).

Dalam hati gw sempet berfikir kalau gw sendiri gak tidur di hotel ataupun penginapan yang lain sich gak apa-apa, sebab pada saat gw dari Jakarta, malam sebelum keberangkatan ke Jatinangor gw sama sekali belum tidur, tahu kenapa yach kayaknya susah banget mata ini untuk tidur, namun hati kecil gw gak bisa karena adik gw cewek dan besok dia mau ujian serta membutuhkan tenaga serta konsentrasi yang tinggi, gw usahain coba cari di daerah dekat Jatinangor dengan mencoba memasuki rumah penduduk yang mungkin memperbolehkan gw menginap disana barang 1 hari , Alhamdulillah akhirnya dapat jugarumah penduduk yang mau diinapin dengan syarat kita harus membayar uang sebesar Rp. 150.000,- walaupun tempat penginapannya jauh dari kata sempurna dan ala kadarnya akhirnya gw ambil juga tempat penginapan itu kebetulan letaknya persis di depan Kampus IPDN.

Mungkin karena sudah lelah gw seharian nyari info kesana kesini, akhirnya bisa juga tuch tidur nyenyak hingga pagi hari , padahal pertama kali datang gak kebayang gw bisa tidur di tempat kayak gitu, tapi berhubung darurat gak apa2x lah.

Setelah prosesi ujian CPNS selesai, terus langsung gw balik ke Jakarta and yang pasti gak bakalan lagi gw naik bus yang kemarin, yang udah bikin kepala gw pusing man…, gw coba turun di perempatan cileunyi coba naik Bus AC yang jurusan Tasik Malaya – Lebakbulus (Ongkos yang gw keluarin sekitar Rp.53.000 untuk 2 orang), he…he… gak beda jauh khan sama yang pertama , itu juga nambah pengalaman gw kedaerah sana wong asal kesana tahunya cuma naik mobil pribadi bukan naik bus jadi banyak gak tahu mengenai biaya yang harus dikeluarkan dasar ketinggalan info juga gw he….he….he….., Akhirnya sampai juga gw ke Jakarta and yang pasti gw kangen dengan nuansa Jakarta, anak, isteri dan orang tua.

diposting oleh Ram Syamsul Yulias

http://www.rampunjadi.com

3 komentar:

alamsyah LTF mengatakan...

Mantap,,, tapi jika mau menginap gausah ribet cari tempat penginapan lagi, lansung hubungi saya di 085311756557, saya punya tempat kost-kosant pura dan putri di ciseke tepatnya depan kampus unpad, jarak 1km dari ipdn, tempatnya aman, nyaman, luas, fasilitas lengkap, kasur, lemari, dapur umum, kulkas umum, ada ruang tamu dan ruang makan, menariknya lagi free wifi,,,

ramsyamsulyulias mengatakan...

Terima kasih bro alamsyah atas tambahan informasinya :)

alamsyah LTF mengatakan...

Sama-sama bro, semoga kepergian ke jatinangor untuk selanjutnya tidak terlalu ribet dengan tempat istirahat/ penginapan,, call me bro, ok,,