19 Juli 2009

Lowongan alternatif mahasiswa komputer

Artikel ini melanjuti artikel sebelumnya tentang "Langkah-langkah apa yang harus diambil untuk mahasiswa jurusan komputer " - link , kali ini gw mau coba berbagi saran sebelum anda menentukan pilihan yang tepat sesuai keahlian yang anda miliki karena hal ini akan berpengaruh besar dalam kehidupan anda :

  1. Database Administrator atau biasa popular dalam dunia komputer adalah DBA untuk masuk kedalam posisi ini, paling tidak anda mengetahui seluk beluk tentang database, programming dan networking, inilah yang menjadi modal dasar. Karena seorang DBA harus dapat mengontrol dan meng-otorisasi password yang digunakan oleh client/user.
  2. Computer Programmer kalau bidang yang satu ini biasanya seorang lulusan computer diharuskan menguasai pemrograman seperti Visual Basic, Visual Foxpro, Delphi, Borland C++ dll. dan jangan heran bila anda nantinya terjun kedunia ini akan banyak menyita waktu anda dalam membuat source-source program sesuai permintaan perusahaan anda bekerja dan tentunya akan banyak kerja lembur, Serius loh hal ini pernah gw alami buat source program sendiri selama 3 hari 3 malam tanpa adanya Tim yang membantu gw sampai gw sendiri lupa waktu, namun karena gw suka membuat gw tertantang. Tapi setelah source itu tercipta puasnya bener-bener. Tapi capeknya itu wich….mantap dech, gak percaya coba aja pasti tertarik. Biasanya di Indonesia Programmer terbagi menjadi : Junior Programmer, Middle Programmer, Senior Programmer.
  3. Network Administrator untuk hal ini anda harus menguasai tentang komunikasi data secara Full gak setengah-setengah loch misalnya pengetahuan anda tentang koneksi LAN (Local Area Network), WAN( Wide Area Network), MAN (Metropolitan Area Network) baik itu menggunakan Sistem Operasi berbasis Linux atau Windows.
  4. Web Designer/Web Programming bidang yang satu ini anda diwajibkan menguasai HTML, Photoshop, Javascript, Flash programming, PHP, ASP dll. karena IT yang bergerak di bidang ini akan membuat suatu Design dan program yang nantinya akan di Upload ke hosting agar dapat divisualisasikan ke para Netter baik di dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karena itu anda dituntut untuk menampilkan ide-ide yang lain daripada yang lain karena seorang web designer yang baik tidak akan mencontek situs website dan pemrograman web yang banyak beredar di dunia maya. Dengan kata lain membutuhkan kreativitas yang luar biasa.
  5. Design Animator bidang ini boleh dibilang sangat menarik bila anda coba menggelutinya misalkan membuat animasi film kartun baik 2 Dimensi (2D) ataupun 3 Dimensi disini anda harus sudah menguasai penuh teknik-teknik seperti Texture manipulasi, Spesial Effect, Modelling, Rendering dll. Sebab saat ini sepertinya peluang ini boleh digali karena agak jarang loch di indonesia yang memiliki kemampuan seperti ini.
  6. Computer Technician kalau yang ini anda harus benar-benar menguasai tentang bagaimana Hardware Komputer bekerja, hal ini meliputi penguasaan anda kepada Teknik Installing , Configuration, Troubleshooting, Overclocking dan lain-lain.
  7. Instruktur Komputer / Dosen pilihan ini bisa saja anda lakukan dengan maksud mencoba sharing ilmu yang anda dapatkan di bangku kuliah dengan syarat anda harus memiliki Jiwa untuk mendidik karena pekerjaan ini sangat mulia dengan ikut serta mencerdaskan bangsa. Persiapkan diri anda untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis dari murid/mahasiswa anda. Tentunya disini anda harus siap konsekwensinya dengan selalu menambah perbendaharaan ilmu yang akan anda ajarkan.
  8. Entrepreneur ini adalah pilihan anda yang terakhir bila anda telah banyak gagal masuk ke perusahaan / lembaga – lembaga yang mungkin menolak anda bekerja di kantor mereka, masih ada jalan yang terbaik mencoba peruntungan di wirausaha, ini justru lebih baik karena anda tidak akan tergantung dari bos anda, karena andalah bos tersebut dengan membuka usaha penjualan komputer, pendirian lembaga kursus, teknisi komputer dll. Jangan berfikir apa yang anda lakukan ini semuanya selalu bermodalkan besar bisa dimulai dengan modal kecil atau bahkan tidak mempunyai modal sama sekali tidak percaya coba saja anda lakukan asal tidak bosan pasti menghasilkan suatu yang lebih memuaskan.

Jadi buat temen-temen yang baru lulus maupun yang sudah lama lulus dari Fakultas Komputer, jangan pernah patah semangat, karena secara logika ilmu yang kita miliki ini sifatnya fleksibel tidak akan membuat kita menganggur asalkan kita mau dan slalu berusaha menghadapi tantangan hidup.


Penulis : Ram Syamsul Yulias

http://www.rampunjadi.com

Tidak ada komentar: