02 Agustus 2012

Jupi Z 2006


Kalau gw inget sama motor yang pernah gw beli melalui hasil keringat gw sendiri ini, berasa gw sedih juga banyak kenangan indah maupun pahit gw bersamanya, yang selalu menggantikan kaki gw untuk berjalan dari satu tempat ke tempat yang lain tiada henti, guna mencari sesuap nasi. 
Alhamdulillah selama gw pegang motor ini tidak ada masalah yang berat terkait dengan troubleshoot motor, motor-motor lain boleh bermasalah dalam kurun waktu tersebut biasanya banyak yang sudah turun mesin, namun motor yang gw punya di kurun waktu tahun 2006 s/d 2012 kondisinya sangat-sangat sehat sampai BERES Yamaha sendiri kaget dengan kondisi motor gw yang sehat. 




Apa kunci rahasianya bisa menjaga performa motor biar bisa demikian :
  1. Lakukan penggantian oli setiap 1000 KM, kenapa itu harus dilakukan gw selalu memandang bahwa penggantian oli gak harus ngikutin aturan yang ditetapkan Manual Book, karena yang harus diperhitungkan juga adalah aktifitas Stop and Go. Untuk menjaganya gw gak pernah sayang beli oli, mungkin ada yang beranggapan gw boros. Namun gw menganggapnya itu hal biasa. Untuk menjaga performa biar mantap apalah artinya uang. 
  2. Selalu melaksanakan servis rutin maupun servis besar di BERES Resmi atau di BERES tidak Resmi.
  3. Bilamana ada kerusakan kecil gw selalu dengan cepat memperbaikinya dan gak pernah gw biarkan masalahnya berlarut-larut. misalnya lampu depan yang putus, aki yang sudah soak, speedometer gak jalan dll
  4. Gaya riding yang gw lakukan tipe santai, and I don't like High Speed
  5. Tidak pernah melakukan modifikasi apapun, karena gw termasuk orang yang tidak menyukai motor yang aneh dan sedapat mungkin menjaga keoriginalitasan sebuah motor. Hal itu gw pikirkan karena banyak kasus Bikers yang memodifikasi motornya ujung-ujungnya malah mereka mengeluarkan biaya perawatannya lebih mahal. Pernah gw lihat di BERES ada motor yang umurnya masih muda daripada motor gw tapi sudah turun mesin. Karena dia melakukan modifikasi daleman mesin maupun knalpot. Padahal mereka tidak sadar, sebuah modifikasi akan timbul dampak positif maupun negatifnya, yang lambat laun akan mempengaruhi motornya. 



Setelah perjuangan yang begitu panjang dari 2006 hingga 2012 maka gw putuskan di awal tahun 2012, dengan berat hati gw jual motor ini. Mengingat saat itu motor gw sudah tidak nyaman, bila dipakai berboncengan dengan bini dan anak gw karena semakin sempit joknya 

Foto diatas gw ambil saat malam tahun baru 2012 dan foto detik terakhirnya. Bagi mereka yang membeli motor gw ini semoga saat ini motor tersebut dapat dirawat dengan baik sebagaimana gw merawat motor itu dengan begitu telatennya. 

Tidak ada komentar: