19 Februari 2013

Makna sebuah Cergam Mimin di era 86



Dalam penggunaan Pict profile wajah di FB, paling banyak saya selalu memasang Pict. yang sempat populer di tahun 1986. Mungkin dari mereka ada yang tahu atau bahkan ada yang tidak tahu tokoh tersebut. Ada beberapa yang faham mengapa saya menggunakan pict tersebut di FB, namun lebih banyak yang tidak mengerti, adapun sikap mereka, Ada yang hanya diam saja, namun ada juga yang langsung menanyakan ke saya.

Biar jelas dan gak ada pertanyaan lagi dalam media ini saya buka tabir mengenai tokoh tersebut. This's my real story......

Tokoh ini berasal dari Mexico City bernama Pinguin Mimin tapi kalau di negara asalnya lebih dikenal dengan sebutan Memin Pinguin , dikarang oleh Yolanda Vargas Dulche dan Pictnya dibuat oleh Sixto Valencia serta diterjemahkan ke Indonesia oleh Djokolelono

Cerita ini dalam bentuk Cergam berseri (Cerita Bergambar) dari seri 1 s/d .... terus terang batas akhirnya saya agak lupa pernah melihat di sebuah milis di yahoo lebih dari 100 CMIIW, Cergam berseri ini selalu terbit setiap hari Rabu dan setiap serinya memiliki jumlah 32 halaman, kalau gak salah harga awalnya Rp.250,- namun lambat laun harganya naik. hingga Rp.500 / seri.

Di dalam cerita ini terdapat 4 tokoh diantaranya  : 



  1. Pinguin Mimin (Ini adalah maskot dari cerita ini), wajahnya seperti orang negro kalau dilihat sepintas tampangnya seperti monyet) namun tokoh ini memiliki solidaritas tinggi kepada temannya dan selalu muncul untuk membantu bilamana temannya menghadapi kesusahan, Mimin memiliki Ibu bernama Eufrosina seorang Tukang Cuci yang bekerja untuk menghidupi anaknya yang semata wayang karena Suaminya telah meninggal dunia, Walaupun dia memiliki anak yang semata wayang namun ibu ini tegas & keras bilamana si mimin nakal. 
  2. Cali Arozamena (Cali) adalah tokoh yang terkuat dan paling berani diantara ketiganya, dia akan selalu membela yang lemah dan melawan yang jahat, dalam cerita ini paling sering ditemui cali selalu berkelahi dengan orang yang selalu mencoba kemampuan bertinjunya, walhasil hampir 99% dia berhasil membuat KO lawannya, namun dia akan kalah bilamana sudah dikeroyok oleh lawan-lawannya. Cali memiliki ibu yang bekerja sebagai Hostest Night Club, dimana pada saat Cali kecil ibunya bercerai dengan ayahnya. Di awal cerita ibunya selalu mengaku bekerja di Pabrik dengan maksud agar Cali tidak mengetahuinya, namun pada akhirnya Cali mengetahui hal tersebut. 
  3. Ernesto Vargas (Erni) adalah tokoh yang paling pintar di antara ketiganya, otaknya sangat brilian, banyak guru yang menyukainya karena dia selalu menjadi juara kelas. Namun kondisi perekonomiannya sangat buruk boleh dibilang dia paling miskin diantara ketiganya, saking miskinnya dia ke sekolah tidak menggunakan sepatu. Erni memiliki ayah namun ibunya sudah meninggal. Ayahnya bekerja sebagai tukang kayu, namun sisi buruk sifat ayahnya selalu mabuk-mabukan saat dia mengenang kembali isterinya yang meninggal dunia. Walaupun pada akhirnya Ayahnya menyadari kekeliruan yang sudah diperbuatnya. 
  4. Riki Arcaraz (Riki) anak orang kaya dari keluarga ternama Roi Arcaraz, pakaiannya selalu rapi menggunakan jas,dasi, kacamata minus & diantar supir setiap pergi ke sekolah, tokoh ini dikenal paling sombong ,angkuh dan suka menghina kepada temannya yang miskin, namun lambat laun sifatnya berubah menjadi sangat baik setelah dia diplonco oleh teman-temannya dengan direndam di bak penampungan air ala toren saat di sekolah. Riki memiliki orangtua yang lengkap dimana ayah dan ibunya selalu mendampinginya

Cergam ini memuat banyak cerita tentang indahnya persahabatan antara miskin & kaya, ada cerita humor, sedih, kegembiraan bahkan kasih sayang. Namun dari kesemuanya saya simpulkan isi cerita sesungguhnya bahwa :

" Teman akan selalu menemani kita dikala sedih maupun senang, bukan teman yang hanya ada disaat senang namun disaat sedih justru meninggalkan kita ".


Tidak ada komentar: