26 Februari 2013

Menyikapi rencana kerjasama Bajaj & Kawasaki

Sebenarnya permasalahan ini boleh dibilang sudah lama atau sudah diketahui oleh para pengguna Pulsar, dimana beberapa bulan yang lalu ada berita bahwa BAI Indonesia dinyatakan bangkrut, namun akhirnya hal ini segera diredam oleh para petinggi BAI (Bajaj Auto Indonesia), dengan bentuk suratnya sebagai berikut :



Ada berbagai macam komentar baik di grup fb, forum dll.... namun dalam kesempatan ini saya hanya sekedar berbagi opini dalam penulisan ini dan mencoba bersifat netral dalam menyikapinya. Bisa saja yang saya tulis disini belum pernah diketahui oleh publik..... Let's start my secret story ..................................... 

Kerjasama yang dilakukan Bajaj & Kawasaki kalau saya amati sepertinya co-branding, sama halnya dulu sekitar tahun 2001 Kawasaki pernah melakukan kerjasama dengan Piaggio Indonesia yang saat itu dipegang oleh ATPM Danmotor Vespa Indonesia, dimana pada saat itu sepertinya Piaggio Indonesia agak kesulitan untuk menjual produknya dalam hal ini motor Vespa (Scooter). ditengah ramainya produk iklan motor jepang yang selalu membanjiri televisi, sedangkan iklan Piaggio sangatlah sedikit yang tampil di jam Prime Time, oleh karenanya PT. Danmotor Vespa Indonesia mencoba menggaet PT. Kawasaki Motor Indonesia agar dapat meningkatkan penjualan Vespa melalui Dealer Kawasaki dan tidak menayangkan iklan secara continuously di jam-jam Prime Time.

Ada cerita menarik kebetulan pengalaman Pribadi tahun 2001, waktu saya ke Dealer Kawasaki yang ada di daerah Ciputat mereka menjual motor 2 tak Vespa Excel dan kebetulan Ayah saya beli Vespa Excel dgn angsuran selama 1 tahun dan harganya sama dengan yang ada di kantor Pusat Danmotor Vespa Indonesia (Jl. R.Suprapto)  & selama itu pula Vespa Excel ayah saya selalu di servis ke Bengkel Kawasaki sampai habis buku servisnya ditandatangani oleh pihak kawasaki.

Pada saat angsuran berjalan saat itulah debt collector menawarkan saya untuk mengambil motor batangan (Kawasaki Ninja), kalau dulu itu Kawasaki setahu saya belum ada RR nya baru sebatas S & R. kalau dicermati disinilah bentuk strategi pemasaran yang dilakukan Kawasaki... hmm... very sweet..........sampai salesnya Kawasaki selalu menghubungi ibu saya terus agar saya mau mengambil motor Kawasaki Ninja, cerdik juga dengan menjaring Konsumen lama yang sudah mengambil Vespa excel agar dapat melirik ke produknya ckckckck....

Kalau mengacu dari kerjasama yang pernah dilakukan PT.Danmotor Vespa Indonesia & Kawasaki saya lebih cenderung bilang Kerjasama hanya bentuk penjualan saja. 
Mengingat sparepart scooter 2 tak baik dari tahun 1958 hingga tahun 2004 sudah banyak dilempar ke pasaran jadi untuk perolehan sparepart jauh lebih mudah. Walaupun ada beberapa part slow moving yang tetap bisa dicari baik melalui Bengkel besar maupun kecil, anak-anak komunitas scooter dll

Adapun menyikapi Kerjasama Bajaj & Kawasaki menurut opini saya paling bentuknya peningkatan penjualan, memperkuat jaringan 3 S dll. Mengingat sparepart Bajaj Pulsar jarang ditemui dipasaran kecuali di Bengkel Resmi Bajaj atau dari komunitas pengguna Pulsar yang siap mencari sparepart tersebut,  sepertinya selain mendongkrak angka penjualan hal ini juga untuk mempermudah pengguna Pulsar terutama di kota-kota kecil di Indonesia yang butuh melakukan perawatan motornya di Bengkel Resmi.

Namun ada beberapa komentar dari member sebuah forum kalau nantinya penjualan Pulsar 200NS memang akan dilakukan di Bengkel Kawasaki bisa jadi sparepartnya akan menjadi jauh lebih mahal, daripada di Bengkel Resmi Bajaj. Namun pandangan opini saya tidak akan ada sebuah kerjasama yang merugikan konsumen karena hal tersebut pasti sudah dipertimbangkan dengan sangat matang.

best regards,


Ram Syamsul Yulias



Tidak ada komentar: